Memori di SMA TN (Part 1)

by 5/16/2012 08:07:00 AM 0 Komentar
Selamat Pagi blogger ! Wahaha, ngeliat tanggalan terakhir ngeposting, gue kaget.. Gila uda setaun (2011-2012) kagak pernah ngeposting apapun lagi di blog..

Dan hari ini gue akan kembali (berusaha) aktif (lagi) di blog ini, hahaha..
Gak kerasa uda bulan Mei di tahun 2012 ,, Gak kerasa bentar lagi uda mau lulus dari SMA TN. Banyak cerita cerita di SMA TN yang awalnya mungkin gak enak, sekarang ya bisa di bilang lucu aja kalo di inget. Dan banyak cerita yang terjadi di hidup gue selama di TN ..

Kali ini gue akan bahas beberapa cerita yang khas ada di TN dan menurut gue itu kejadian yang enak di kenang.

1. PDK (Pendidikan Dasar Kedisiplinan dan Kepemimpinan)
    Ini kalo di sekolah laen di sebutnya MOS, tapi kalo di TN 3 bulan lamanya. Pada masa itu, mungkin masa terberat karena pertama kali harus membiasakan diri hidup mandiri dan harus perfect. Di sini sih kalo kata gue dan temen temen awalnya menyiksa karena kita bener bener di latih untuk selalu on time (kayak pendidikan militer gitu). Banyak yang dongkol, tapi ya mau gimana lagi? Toh juga agar kita bisa nyesuain diri di TN ? Tapi akhir dari pendidikan ini adalah mendapatkan sebuah baret kebanggaan SMA TN, Baret biru. Memang tidak mudah untuk dapet baret biru, karena perjuangannya gak main main.. Tapi intinya PDK sampai Pembaretan itu adalah pengalaman seru pertama di TN. Kapan lagi ada SMA yang buat dapetin baret biru harus ngerayap, guling guling, merangkak dan bersusah payah? Hahaha ..

2. Jabatan oh Jabatan 
    Maksudnya di sini adalah jabatan sebagai salah satu seorang anggota tim / kelompok / organisasi. Banyak organisasi / tim maupun kelompok di TN. Seseorang di anggap punya jabatan jika dia ikut atau terpilih atau bergabung dengan sebuah organisasi di SMA TN. misalnya saya sendiri tergabung dalam anggota komisi 3 Perwakilan Kelas. Itu udah merupakan jabatan, meskipun kecil. Jabatan yang di anggap besar dan berkelas di SMA TN jika ia termasuk di Pengurus Harian OSIS PK, Marching Band, Peleton, dan ketua Angkatan.
    Di sini yang seru adalah perjuangan untuk mencari jabatan tersebut. karena tidak mudah untuk menjadi anggota dari sebuah organisasi. Misal saja untuk masuk peleton, harus melewati serangkaian tes mulai dari administrasi, tes tertulis, tes PBB, tes postur, wawancara abang kakak dan wawancara pamong. Sekilas terlihat seperti tes untuk masuk sekolah kedinasan, tapi memang itulah makna sebuah perjuangan di TN (halaaaj). Kenapa saya di sini menceritakan peleton? Jawabannya silahkan baca postingan cerita saya yang dahulu di blog ini. :)

3. Mau Barang, dek? MK dulu 
    Mungkin banyak yang nggak tau apa yang di maksud dengan MK. MK di sini bukan mahkamah konstitusi atau yang lainnya, tapi ini adalah Mental Kejuangan. Maksudnya dari mental kejuangan adalah untuk mendapatkan barang kita harus berjuang untuk mendapatkan barang itu. Ini ada kaitannya dengan jabatan seperti yan udah gue uraikan di atas. Misal untuk mendapat sebuah lencana OSIS, kita harus di suruh lari keliling kampus sebanyak 5 kali. Itu contoh yang paling ringan. Biasanya MK ini terserah abang dan kakaknya dan bersifat melatih atau gak mendidik. Yang barusan gue sebutin adalah yang melatih, yang mendidik kayak misalnya di suruh ngerangkum materi Biologi satu semester. Biasanya sih gitu. Tapi makna dari MK sendiri adalah menumbuhkan pemikiran gini, " Wah dapetin barang ini susah banget, barang ini harus gue jaga baik baik nih."
    Biasanya barang yang untuk di ambilnya harus MK terlebih dahulu adalah Lencana, Brevet, Talikur, Seragam Marching, Perlengkapan masing masing organisasi. Ada kesan tersendiri kok dari MK yang di jalankan. Biasanya kita makin akrab dan deket sama abangnya. Jadi jangan berpikiran loh kalo abis MK, terus kita kesel ma abangnya. Hahaha

4. Hukuman 
    Setiap ada peraturan yang di langgar, pasti akan ada hukumannya. Sama, di TN juga seperti itu. Kalo di TN biasanya yang di hukum di suruh pakai PDL (Pakaian Dinas Lapangan). Pakaian itu kayak pakaian hijau hijau buat latihan di lapangan (Maaf ga bisa ngasih gambarnya) . Pokoknya pakaian itu biasanya di pakai kalo ada kegiatan di lapangan, dan tentunya kalo ada yang make pakaian itu pada saat jam sekolah, of course pasti dia sedang di hukum sama sekolah. Lamanya memakai pakaian ini bervariasi. Kalo pelanggaran ringan biasanya di pake cuma seminggu. kalo Berat ya bisa 3 - 5 Bulan . Memang pada saat make biasanya yang make ada perasaan ga enak karena kita make seragam yang berbeda sendiri. Tapi setelah lepas, itu bener bener seperti merasakan kebebasan dan cerita make PDL bisa jadi sebuah kenangan. Kalo kata orang sih gak make PDL (Hukuman) waktu di TN, berarti ga bisa merasakan salah satu sensasi luar biasa .. *Yang ngerti bagus lah* .. Hahaha

Oke 4 point Pertama dulu yang gue bahas di pagi yang cerah dan indah ini.. Next time gue akan kasih lagi beberapa Memori di TN yang cukup terkenang dan memang pantes untuk di kenang..

Sekian dan saya Fauzan Akbar A.K.A Rain undur undur dulu, sampe ketemu laen waktu dan Keep Spirit and Keep Smiling . :) Hahahahaha

0 Komentar:

Posting Komentar