Dari (Sok) Sibuk Menjadi (Tidak) Sibuk

by 2/05/2015 01:22:00 PM 0 Komentar
[15 Desember 2014]
Pagi ini di mulai dengan melihat buku jurnalku. Sejenak ku pandang jadwalku hari ini. Padat? Oh ternyata udah nggak. Tak terasa. Perasaan dulu sering banget komentar dan nggerutu "Kok jadwalnya penuh terus?". Sekarang tak terasa sudah menikmati masa masa Tidak Sibuk Organisasi

Halo perkenalkan, nama saya Fauzan Akbar, mahasiswa prodi Teknik Elektro UGM angkatan 2012. Aku uda semester 5 dan bentar lagi sudah semester 6, sudah melewati masa produktif aktif di kegiatan kegiatan organisasi kampus. Mungkin bisa di bilang sudah menjadi sesepuh di organisasi, tapi akunya belum sepuh sih. Ini ceritaku, perjalanan keorganisasianku kurang lebih 2 tahun selama aku aktif di kegiatan mahasiswa baik tingkat Jurusan maupun Fakultas.

Oktober 2012, ketika waktu aku selesai melaksanakan FDK 2012 sebagai peserta (FDK adalah acara Orientasi pengenalan Jurusan), secara beruntung aku di terima sebagai staff di KMTETI. Staff Departemen Akademis Angkatan 2012. Sebuah langkah awal dimana aku akan memulai untuk meniti karir di KMTETI. Tapi waktu itu aku hanya sebagai staff. Dan secara kebetulan saat itu aku tidak mendapatkan kerjaan apapun di sana. Tapi setidaknya aku mendapatkan 2 hal yang cukup besar di sini, Pengalaman dan Keluarga.

Lalu mulailah aku mencoba sebuah peruntungan dengna mengikuti kepanitian besar. Saat itu aku di amanahi sebuah kerjaan di sebuah acara yang cukup besar di JTETI, FDK 2013. Oke, Saat dimana aku memulai pertaruhan waktuku dengan menjadi Tim Acara tahun lalu. Kenapa aku bilang pertaruhan waktu? Hampir setiap minggu di habiskan untuk rapat rapat dan rapat. Menyusun setiap acara dan segalanya untuk mempersiapkan kedatangan adek baru, JTETI angkatan 2013. Setidaknya hal ini di lakukan hampir selama 7 Bulan lamanya, dari bulan Mei 2013 - November 2013, dari menyusun rancangan awal hingga pelaksanaan yang memakan waktu kurang lebih 3 bulan lamanya. Saat itu pula aku masih di posisi sebagai adek angkatan. Masih ada angkatan 2011 yang membimbing di kepanitiaan ini.
Sie Acara FDK 2013 (Kurang 2 orang)
Sie Acara FDK 2013, Feels like a Superstar
Akhir November, dimana aku maju sebagai calon ketua KMTETI untuk periode tahun 2014. Sebuah tantangan yang harus aku lalui. Menyusun visi misi, menghadapi fit and proper test dan kampanye. Memang hanya 2 minggu aku melaksanakan hal hal tersebut.

"Mau TETI lebih satu? Pilih Nomor 1"
Tetep menjadi bagian dari PH KMTETI 2014
Tapi itu jujur sangat banyak memakan waktuku. Karena sebuah tujuan yang benar benar bermanfaat dan baik tidak mungkin terjadi hanya dalam satu malam. Meskipun di akhirnya akupun tidak jadi ketua KMTETI, tapi aku belajar banyak bgaimana cara mengatur diri ketika menghadapi tekanan yang ada.

Technocorner 2014, sebuah big event dari KMTETI yang berkaitan di bidang teknologi. Di event tersebut aku di amanahi menjadi Seksi Dana Usaha. Kepanitiaan ini berlangsung dari November 2013 hingga April 2014. Di awal sempat merasa, kerjaanku tak akan sesulit yang aku kira. Ternyata itu semua palsu. Berkunjung ke banyak perusahaan untuk "mengemis" uang, menyusun strategi agar bisa mendapatkan uang dan menggerakkan serta mengatur panitia untuk mencari dana mandiri. Aku ingat, dulu dana mandiri di cari dengan menjual bunga di KM 0 dan Alkid dan kebetulan aku yang menjadi koordinator itu. Sebuah pengalaman yang luar biasa bisa berkecimpung dalam kepanitiaan yang hebat dan fenomenal seperti ini.
Jual Bunga untuk Technocorner di KM 0

Bulan Mei 2014, dimana aku mendapatkan amanah baru di sebuah kepanitiaan besar lagi. Kali ini kepanitiaan yang aku ikuti bukan tingkat Jurusan, tapi tingkat Fakultas. Yap, menjadi panitia PPSMB Fakultas (ini semacam pengenalan Fakultas untuk mahasiswa baru Teknik 2014) dan kali ini aku menjadi PEMANDU. Tugas dari pemandu sendiri adalah memandu adek adek mahasiswa baru Teknik 2014 dai kegiatan Pra PPSMB sampai Pasca PPSMB. Dan perjuangan untuk menjadi seorang pemandu tidaklah mudah. Para pemandu harus melewati masa Training dan Simulasi, dan itu semua di laksanakan pada saat liburan pergantian tahun ajaran. Dan pemandu harus mengorbankan waktu liburan, dari jatah sekitar hampir 2 bulan menjadi hanya sekitar 3 minggu. Sedih? Sedikit, eh agak banyak ding.

PPSMB Prisma 2014
PPSMB Prisma 2014 - Unit 6
PPSMB Prisma 2014 - Unit 6
Tapi Semua itu terbayar lunas dengan apa yang di dapat. Awalnya memang susah ketika harus membimbing adek adek baru untuk bisa lebih mengenal Teknik dan membentuk karakter mereka agar sesuai dengan visi misi dari PPSMB itu sendiri. Hingga akhirnya aku mendapatkan banyak hal. Pengalaman, Keluarga baru, Adek adek baru, Teman Teman baru. Mungkin ini adalah salah satu amanah terbesar yang pernah aku rasakan, ketika di berikan tanggung jawab untuk bisa membawa adek adek Pandu untuk ke arah yang lebih baik. Sebuah tanggung jawab yang tidak cuma berakhir ketika acara PPSMB ini selesai, tapi berlanjut terus hingga waktu yang tak terhingga. Amanah yang besar namun aku sangat senang bisa mengemban amanah ini.

Sebagian dari Panitia FDK JTETI 2014
Di sela sela kesibukan sebagai panitia PPSMB, aku juga mengemban amanah FDK (lagi). Kali ini aku kembali menjadi Tim Acara FDK 2014. Tak jauh berbeda dengan FDK sebelumnya, namun di sini aku merasakan pressure kerja yang lebih. Mungkin karena sekarang aku menjadi kakak angkatan dan sebagian besar Koordinator juga di pegang angkatanku. Selain itu jumlah peserta yang lebih banyak juga menuntut Tim acara lebih kreatif dalam menyusun acara. Sangat melelahkan, debat di sana dan disini, brainstroming demi sebuah acara FDK 2014 yang bermanfaat dan menghindari yang namanya Perploncoan.
Sebagian dari Tim Acara FDK 2014
Yang lain kerja, aku istirahat sebentar
Tim Acara FDK 2014 - Olahraga Bareng
Tim Acara FDK Fullteam -
Survey Jogja Discovery - Jalan kaki dari Kampus ke Alkid
Tim Acara FDK Makan makan + Last Gathering
Sebuah perjalanan yang cukup panjang. Hampir sekitar 6 bulan pula bekerja di kepanitiaan ini. Di tambah lagi masih harus mengurusi hal hal lain yang juga sama sama penting. Selain itu masih pula mengurusi kegiatan kuliah yang terpenting dan tidak boleh di tinggalkan. Kemampuan buat ngatur waktu sangat di butuhkan di sini. Aku berusaha buat nggak meninggalkan satu amanahku. Berat memang, tapi di situlah tantangannya. Aku senang menghadapi tantangan tantangan seperti itu. Melatih diri untuk semakin terbiasa dalam pengaturan waktu.


Dan ada satu lagi amanah yang aku pegang paling lama, yaitu menjadi Ketua Departement (Kadept) di Departemenku sendiri, Departemen Akademis. Menjadi Kadept berarti harus memiliki pola pikir yang berbeda ketika kemaren menjadi seorang staff. Sebua kebingungan tersendiri awalnya ketika selama 1,5 tahun sebelumnya aku hanya menjadi staff gabut atau mungkin bisa di bilang anggota pasif dan sekarang di berikan amanah dari Ketua KMTETI terpilih untuk membawa Departemen Akademis ke arah yang lebih baik sesuai visi misinya.

Akademis di Kepengurusan Tahun 2013 - Futsal Barenng
Aku dulu mempunyai misi untuk di Departemen Akademis, menjadikan Departemen terinspiratif untuk KMTETI, baik dari prokernya, pandangan orang orang JTETI sendiri maupun dari kekeluargaan internalnya. Yang terjadi saat itu adalah Departemen ini sering kali di cap sebagai departemen yang kaku, yang paling jarang kumpul dan beberapa tanggapan miring lainnya.

Departemen Akademis Periode 2014 - Awal kepengurusan
Dan setelah hampir kurang lebih 1 tahun di sini, aku berhasil merubah beberapa mindset. Aku merasakan sebuah perbedaan yang amat mencolok ketika aku menjadi seorang staff dan sekarang ketika menjadi seorang kadept. Sebuah kekeluargaan yang lebih terasa di bandingkan sebelum sebelumnya. Setidaknya tidak ada kata kata lagi yang mengatakan, Departemen Akademis Departemen kaku. Meskipun sebenernya masih ada beberapa kekurangan yang ada dan tujuan awalku juga tidak tercapai, menjadikan Departemen Akademis Departemen terinspiratif. Semoga kadept berikutnya bisa menjadikannya Akademis Terinspiratif hahaha.

Semester 5 kemarin masa dimana aku menjadi orang yang terlalu banyak menerima amanah amanah di kegiatan besar. PPSMB Fakultas, FDK 2014, Departemen Akademis KMTETI, PH KMTETI 2014. Ya setidaknya ada 4 amanah besar saat itu, di samping tuntutanku sebagai mahasiswa yang harus mengejar prestasi akademik.


Departemen Akademis Periode 2014 - Akhir kepengurusan
About Passion
Merasa capek? Tentunya. Merasa lelah? Pasti. Tapi aku sama sekali ngga merasakan jenuh maksimal, pengen melarikan diri dari salah satu amanah tersebut ataupun justru pengen kabur. Kuncinya satu, PASSION. Ketika kamu merasa menikmati dalam pekerjaanmu, maka kamu tidak akan merasakan yang namanya kejenuhan. Ketika kamu memiliki passion atau menjiwai apa yang kamu lakukan, maka kamu akan tidak merasakan kegiatan itu memakan waktu kosongmu. Passion ku, ya dengan kegiatan kegiatan seperti itu. Mungkin bagi sebagian orang tidak menyukainya, tapi aku sangat menyukai melakukan kegiatan itu, berorganisasi.
"Just find your passion"

So, do what you love and love what you do and you will success.



Dan akhirnya semua kegiatan yang saya lakukan di 2 tahun pertama kuliah pun telah menjadi serpihan serpihan kenangan yang bakal tersimpan di memori otak. Masa masa organisasi sebagai orang sok sibuk mungkin sudah selesai. Kenapa ada kata mungkin? Karena aku ngga tau apakah di tahun 2015 ini beneran bisa santai atau ngga sibuk. Atau justru malah ada hal hal yang bakal lebih menyibukkan? Entahlah. Yang jelas, selamat datang di masa masa akhir kuliah, terutama buat yang angkatan 2012. Kerja Praktik, KKN, Skripsi, Pendadaran dan di tutup dengna Wisuda. Tinggal bagaimana cara terbaik untuk menutup perjalanan kuliah ini.




Oke sekian postingan panjang saya kali ini. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Buat yang baca, saya minta doanya juga biar di mudahkan di akhir akhir perjalanan kuliah saya ini. Semoga saya dan teman teman saya bisa menyelesaikan kuliah tepat sesuai waktunya. Sekian kurang lebihnya mohon maaf. Salam Inspiratif! :D

 Selalu meminta pertolongan Allah untuk setiap langkah yang kita ambil











0 Komentar:

Posting Komentar