Dilema Dalam Sebuah Perubahan

by 3/27/2015 10:24:00 AM 0 Komentar
Mungkin bagi sebagian orang, perubahan bisa di katakan memiliki tiga pandangan yang berbeda. Ada yang berkata bahwa perubahan itu sebagai sesuatu yang harus terjadi, sesuatu yang biasa saja, dan sesuaut yang seharusnya tidak boleh terjadi. Ketiga pandangan yang sebenarnya tidak salah terhadap memaknai dari sebuah perubahan, karena pasti pandangan tersebut melihat dari 3 sudut pandangnya masing masing.

Perubahan itu pada umumnya adalah perubahan menuju arah yang lebih baik dan ke arah yang lebih positif. Tapi tentu saja, meskipun pelaku perubahan merasakan perubahan itu ke arah yang lebih baik dan lebih positif, tentu saja pasti masih akan ada sebagian dari orang orang yang menganggap kepada si pelaku perubahan negatif, atau mungkin tidak pantas berubah menjadi seperti itu.

Banyak kasus yang terjadi untuk kondisi dimana seorang pelaku perubahan, yang ingin menjadikan suatu kondisi yang lebih baik tapi justru di tentang oleh banyak orang. Kita ambil sebuah contoh sebagai berikut, seorang yang ingin menjadikan diri sendirinya lebih baik dari yang sebelumnya banyak memiliki kekurangan kekurangan yang di rasakan pribadinya, namun justru di tentang dan justru di anggap sesuatu yang aneh dan lelucon oleh teman teman dan lingkungannya.

Sebuah dilema tentunya pasti dirasakan oleh orang tersebut, dimana dia ingin menjadikan diri sendirinya lebih baik untuknya dan untuk lingkungannya namun justru timbul tanggapan tanggapan miring mengenai perubahannya meskipun masih ada segelintir orang yang masih mengapresiasi perubahannya. Sebuah dilema yang pastinya justru menimbulkan sebuah pemikiran apakah perubahan yang di lakukan adalah sesuatu yang benar ataukah sesuatu yang salah.

Lantas harus bagaimana jika seperti itu?

Think it Again, ada baiknya setiap langkah perubahan yang ingin kita ambil di pikir lagi. Perlu juga untuk setiap perubahan yang disengajakan untuk terjadi di kritisi lagi oleh kita dengan membuat beberapa pertanyaan pertanyaan seperti ini

Apakah perubahan itu perlu untuk dilakukan saat ini?

Apakah perubahan itu memberikan manfaat besar untuk saya dan lingkungan sekitar saya?

Apa dampak dari perubahan tersebut untuk saya dan untuk lingkungan sekitar saya?

Jika lingkungan sekitar tidak menghendaki perubahan namun Anda tetap ingin menghendaki, apa dampak terbaik dan terburuk yang akan terjadi? (Dan sebaliknya)

Apakah Anda siap dengan segala konsekuensi yang terjadi jika perubahan itu terjadi pad diri anda?

Dan tentu saja masih banyak pertanyaan pertanyaan lain mungkin yang bisa di gunakan untuk mengkritisi perubahan yang ingin dilakukan.

Satu hal yang perlu di ingat adalah perubahan baik menurut kita belum tentu bisa dianggap baik oleh lingkungan sekitar. Selama perubahan itu menjamin bahwa kedepannya orang orang akan bisa mendapatkan sesuatu yang sama sama menguntungkan meskipun awalnya terasa memberatkan, tetaplah lanjutkan perubahan tersebut.

Perubahan dalam diri sendiri pastilah terjadi karena ada niat tulus dari dalam hati untuk menjadi yang lebih baik. Lingkungan sekitar memang tidak mungkin bisa langsung menerima perubahan itu secara cepat. Selama proses perubahan itu terjadi secara konsisten dan baik baik saja, Insha Allah lingkungan sekitar juga akan bisa menerima perubahan dari dalam diri itu sendiri.

Terakhir, pilihan untuk berubah ada di tangan kita masing masing. Jika kalian takut berubah menjadi diri sendiri karena tekanan dari lingkungan sekitar, maka kalian selamanya akan menjadi pribadi yang itu itu saja. Jika kalian mau berubah demi kebaikan diri kalian sendiri, Insha Allah kalian juga yang akan mendapatkan manfaatnya.

0 Komentar:

Posting Komentar